Fokus jadi Mensos, Idrus Marham tak nyaleg

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Fokus jadi Mensos, Idrus Marham tak nyaleg "Di 2019 kedepan hari ini saya menteri, fokus pada tugas saya sebagai menteri," - Idrus Marham

Menteri Sosial Idrus Marham menegaskan dirinya tidak akan maju di pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Hal ini terkait dengan isu yang beredar bahwa beberapa nama menteri diisukan maju di Pileg 2019 nanti dan bersiap mundur untuk memperebutkan kursi DPR.

"Di 2019 kedepan hari ini saya menteri, fokus pada tugas saya sebagai menteri," kata Idrus saat ditemui wartawan Di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/07/2018).

Idrus juga mengatakan tidak ada larangan untuk menteri-menteri yang ingin maju di pemilihan legislatif 2019. Menurutnya menteri yang ingin maju di Pileg tidak akan melanggar aturan yang dimuat dalam Undang-undang.

"Meskipun demikian, memang tidak ada larangan didalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang menteri boleh atau tidak boleh untuk ikut caleg khususnya diatur dalam pasal 240 disampaikan persyaratan ada 16 disitu tidak ada yang mengatakan mentri tidak boleh nyaleg," ujarnya.

Menurut Idrus adapun larangan yang tidak boleh dilanggar oleh para mentri kabinet diantaranya memanfaatkan fasilitas negara, memanfaatkan ASN atau Pegawai Negeri Sipil dan mempengaruhi orang perorangan.

"Melarang ya itu pada pasal 280 kalau tidak salah UU No 7  larangan-larangan untuk memanfaatkan fasilitas negara, ASN atau Pegawai Negri Sipil termasuk langkah-langkah mempengaruhi orang," kata Idrus.

Idrus juga menceritakan kiprah politiknya, mulai dari menjabat sebagai sekretaris jenderal partai Golkar, dirinya sempat tidak ikut nyaleg karena ingin fokus menangani partai dengan lambang pohon beringin tersebut.

"Saya di dunia politik terpilih Sekjen 2009 saya sudah mau mundur. Tapi belum boleh saya harus pimpin pansus senturi, sehingga saya baru mundur dari DPR 2011 setelah jadi pansus senturi dan 2014 karena masih Sekjen saya tidak nyaleg lagi," tutup Idrus.

Bantah pecat DPW Kalsel, PAN: Kami butuh Muhidin
DPR sebut pengerusakan Polsek Ciracas tindakan kekanak-kanakan
PAN tunggu kesadaran Taufik mundur dari ketua DPR
Nasdem sebut salah satu cawapres akan diperiksa KPK
Kejati DKI: Aplikasi deteksi agama sudah sesuai Kejagung
PKB: Suara Jokowi di Jawa Tengah konsisten meningkat
Bamsoet nilai infrastruktur kunci pembangunan dan kesejahteraan
Massa desak Komnas HAM panggil Prabowo terkait penculikan
Lippo terbitkan Surat Utang Jangka Menengah Meikarta
DPR: UU KSDA harus seimbang harus antara lingkungan dengan ekonomi
DPR ingatkan lembaga publik wajib beri informasi kepada rakyat
Caleg Partai Berkarya digrebek saat selingkuhi perempuan bersuami
Saudi pertimbangkan usulan Kemenag terkait jalur cepat haji
IHSG berpeluang menguat hari ini
Membangun infrastruktur tanpa utang, pelajaran untuk Sandi dan Sri
Fetching news ...