SBY dinilai sudutkan Megawati soal Suramadu

REPORTED BY: Insan Praditya

SBY dinilai sudutkan Megawati soal Suramadu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono

Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir menilai mantan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyudutkan mantan presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dengan menyebutkan pembangunan jembatan Suramadu sempat ditunda saat pemerintahan Megawati. Ia mengatakan SBY hanya bawa perasaan (baper) dengan gratisnya tarif jembatan Suramadu.

"Pernyataan SBY tersebut cenderung ingin menyudutkan Megawati bahkan ingin menonjolkan dirinya sebagai pahlawan," kata Inas saat dihubungi wartawan, Selasa (30/10/2018).

Inas mengatakan pembangunan jembatan Suramadu mulai dibangun pada tanggal 20 Agustus 2003 di era pemerintahan Megawati. Kemudian, mangkrak setelah dua bulan SBY dilantik pada Desember 2004 sampai Maret 2005.

"Karena diduga SBY setengah hati melanjutkan proyek yang digagas oleh pemerintahan Megawati dan menyerahkan sepenuhnya pembiayaan kepada pemda Jawa Timur," ujarnya.

Selanjutnya, Inas menjelaskan pembiayaan pembangunan jembatan Suramadu sudah ditanggung oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah Jawa Timur Selain itu, sebesar 55 persen dan 45 persen merupakan pinjaman dari Cina.

"Causway jembatan Suramadu sisi Madura dan sisi Surabya dg dana APBN dan APBD mulai 2003, terhenti di bulan desember 2004 dan dimulai lagi pada bulan maret 25 s/d tahun 2008 dikerjakan 4 BUMN Karya," katanya.

"Approach bridge sisi Surabaya dan sisi Madura serta cable stay bentang tengah dg dana APBN dari LOAN CHINA, dikerjakan oleh konsorsium china (CCC) dan konsorsium Indonesia (CIC)," tambahnya.

Sebelumnya,  Presiden RI ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan pembangunan jembatan itu dimulai dari Presiden RI ke-5 Megawati. Namun, proses pembangunan sempat terhenti.

"Benar, yang memulai pembangunannya itu Presiden (ke-5) Megawati, itu nyata. Dalam perkembangannya pembangunan itu terhenti. Itulah sebabnya ketika saya meninjau ke lapangan langsung, berlayar di sekitar jembatan Suramadu yang pembangunannya terhenti, saya tidak pernah mengatakan mangkrak, mangkrak itu konotasinya negatif, pokoknya terhenti. Dan saya melaksanakan sidang kabinet di Pasuruan mengapa terhenti?" kata SBY beberapa waktu yang lalu.

Jembatan Suramadu sendiri diresmikan oleh Presiden ke-6 Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan Suramadu ini digagas oleh Soekarno dan sikapi oleh Soeharto, lalu mulai dibangun di era pemerintahan Megawati pada tanggal 20 Agustus 2003. Setelah beroperasi hampir sepuluh tahun, jembatan tersebut digratiskan oleh Presiden Jokowi.

Kemendikbud tak ingin ada sekolah favorit
Ini tiga ciri pemerintahan Jokowi otoriter menurut Amien Rais
 Lagu Jogja Istimewa dijiplak pendukung Prabowo, Ini respons Kubu Jokowi
PKS nilai pidato Prabowo tepis anggapan pesimisme
Kubu Prabowo minta KPK periksa Tjahjo Kumolo terkait kasus Meikarta
Aktivis 98 desak negara serius tuntaskan kasus penculikan dan pelanggaran HAM
BPN bantah pidato Prabowo nihilkan prestasi Indonesia
Kubu Jokowi nilai Prabowo hanya daur ulang isu lama
Cinta dan kehilangan
Medan, Bandar Lampung dan Manado juara kota terkotor
Fahri Hamzah nilai pidato Prabowo gagal
PKS: Pidato Prabowo terlalu lama
Prabowo sebut SBY sebagai mentornya di pilpres 2019
Prabowo ancam mundur dari Pilpres, ini respons KPU
Ikatan Dai Aceh: Jokowi-Ma'ruf insyaallah ikut tes Al-Quran
Fetching news ...