Habibie bicara syarat Indonesia jadi negara maju

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Habibie bicara syarat Indonesia jadi negara maju "Muara sumber daya manusia ada di keluarga. Oleh karena itu, kita perlu membina keluarga-keluarga sejahtera." - BJ Habibie

 

Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie mengatakan untuk meningkatkan nilai tambah menjadi negara maju, Indonesia harus memiliki sumber daya manusia yang andal, penguasaan teknologi dan pendidikan.

"Bicara ilmu pengetahuan, sains pasti ada biayanya. Proses nilai tambah ini yang meningkatkan nilainya," kata Habibie saat menjadi pembicara pada dialog nasional yang digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Rabu (09/05/2018).

Dia menjelaskan, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang andal, manusia Indonesia harus sehat dan harus diasah otak melalui pendidikan.

Dari sumber daya manusia itu sendiri ada nilai tambah pribadi yakni dilihat dari perilaku manusia yang ditentukan oleh dua hal yaitu budaya dan keyakinannya.

Lebih lanjut Habibie mengatakan bahwa Indonesia harus berkonsentrasi sumber daya manusia dan pendidikan saja belum cukup, pembangunan membutuhkan penguasaan teknologi.

"Kita harus perhatikan sumber daya manusia, di mana muaranya pada ibu-bapak, yaitu keluarga. Karena itu, kita perlu membina keluarga-keluarga sejahtera," tambah dia.

Mantan Presiden RI itu juga menyinggung tentang rendahnya anggaran riset yang hanya sekitar 0,2 persen.

Dia menilai bahwa sumber daya manusia Indonesia saat ini sudah cukup baik tapi juga harus diimbangi dengan lapangan pekerjaan di dalam negeri.

"Jangan sampai kita siapkan sumber daya manusia terbarukan, berbudaya tapi akhirnya pergi ke luar negeri. Kita baru unggul kalau bisa bekerja, ada lapangan kerja sesuai dengan bakat dan pendidikan," tambah dia.

Habibie bersama Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara dalam dialog BPPT dengan tema "Meningkatkan Inovasi Iptek untuk Mendorong Industri Dalam Negeri Mewujudkan Ekonomi Pancasila".

Kubu Prabowo: Kampanye tak harus selalu pencitraan
Legislator ajak seret Myanmar ke Mahkamah Internasional
Demokrat beri masukan jelang empat tahun pemerintahan Jokowi
Panggil Kepala Daerah, kubu Jokowi nilai Bawaslu berlebihan
Peluru yang nyasar ke DPR berasal dari senjata modifikasi
Bawaslu akan panggil Jokowi-Ma'ruf, Timses: capres-cawapres sibuk
DPR dorong alokasi beasiswa korban bencana Sulteng
Ketua MKD datangi lokasi penembakan DPR
Bamsoet minta DPR RI dilapisi kaca anti peluru
Politisi Gerindra: polisi tak profesional simpulkan kasus penembakan
Polisi sebut penembak Gedung DPR berinisial I
Bupati Bekasi dan Direktur Lippo tersangka suap Meikarta
Kubu Jokowi tak tergoda kampanye negatif PKS
Demokrat tidak sanksi cuitan Andi Arief
Kubu Prabowo komitmen selesaikan kasus pelanggaran HAM Novel Baswedan
Fetching news ...