Habibie bicara syarat Indonesia jadi negara maju

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Habibie bicara syarat Indonesia jadi negara maju "Muara sumber daya manusia ada di keluarga. Oleh karena itu, kita perlu membina keluarga-keluarga sejahtera." - BJ Habibie

 

Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie mengatakan untuk meningkatkan nilai tambah menjadi negara maju, Indonesia harus memiliki sumber daya manusia yang andal, penguasaan teknologi dan pendidikan.

"Bicara ilmu pengetahuan, sains pasti ada biayanya. Proses nilai tambah ini yang meningkatkan nilainya," kata Habibie saat menjadi pembicara pada dialog nasional yang digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Rabu (09/05/2018).

Dia menjelaskan, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang andal, manusia Indonesia harus sehat dan harus diasah otak melalui pendidikan.

Dari sumber daya manusia itu sendiri ada nilai tambah pribadi yakni dilihat dari perilaku manusia yang ditentukan oleh dua hal yaitu budaya dan keyakinannya.

Lebih lanjut Habibie mengatakan bahwa Indonesia harus berkonsentrasi sumber daya manusia dan pendidikan saja belum cukup, pembangunan membutuhkan penguasaan teknologi.

"Kita harus perhatikan sumber daya manusia, di mana muaranya pada ibu-bapak, yaitu keluarga. Karena itu, kita perlu membina keluarga-keluarga sejahtera," tambah dia.

Mantan Presiden RI itu juga menyinggung tentang rendahnya anggaran riset yang hanya sekitar 0,2 persen.

Dia menilai bahwa sumber daya manusia Indonesia saat ini sudah cukup baik tapi juga harus diimbangi dengan lapangan pekerjaan di dalam negeri.

"Jangan sampai kita siapkan sumber daya manusia terbarukan, berbudaya tapi akhirnya pergi ke luar negeri. Kita baru unggul kalau bisa bekerja, ada lapangan kerja sesuai dengan bakat dan pendidikan," tambah dia.

Habibie bersama Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara dalam dialog BPPT dengan tema "Meningkatkan Inovasi Iptek untuk Mendorong Industri Dalam Negeri Mewujudkan Ekonomi Pancasila".

Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas Jokowi turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Persoalan DPT bermula dari Kemendagri
Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Kubu Jokowi: Ujian Nasional harus dipertahankan
Fetching news ...