DPR kecam siswa tantang guru berkelahi di kelas gara-gara rokok

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

DPR kecam siswa tantang guru berkelahi di kelas gara-gara rokok

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengecam perilaku tak terpuji yang dilakukan oleh seorang siswa SMP yang menantang gurunya berkelahi usai diperingatkan supaya tidak merokok di kelas. Dia mendesak dilakukan langkah tegas supaya tindakan serupa tidak terjadi lagi di dunia pendidikan.

"Perisakan (bully) siswa kepada guru terulang kembali. Saya prihatin dan sedih atas peristiwa tersebut. Harus ada tindakan konkret untuk menghentikan praktik tersebut," sebut Reni di Jakarta, Senin (11/02/2019). 

Lebih lanjut menurut Wakil Ketua Umum DPP PPP ini meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melakukan penelusuran penyebab perilaku siswa tersebut.

"Dinas Pendidikan harus memberi perhatian serius atas peristiwa tersebut. Harus dicari akar penyebabnya, mengapa siswa memiliki adab yang tak terpuji," sebut Reni. 

Menurut dia, pihak sekolah memiliki tanggungjawab penuh dalam pembentukan karakter anak didik. Jika sekolah memiliki komitmen kuat dalam pembentukan karakter anak didik, Reni menyebutkan peristiwa tersebut tidak bakal terjadi.

"Jika memang sekolah abai dalam pembentukan karakter, Dinas Pendidikan harus memberi atensi serius terhadap sekolah tersebut," kata Reni. 

Lebih dari itu, Reni meminta Pemda bersama penyelenggara pendidikan baik swasta maupun negeri lebih serius memperhatikan pembentukan karakter anak didik.

"Penguatan karakter dan akhlak anak didik harus dinomorsatukan, karena pendidikan tidak hanya fokus pada kecerdasan anak didik saja," tandas Reni.

Sebelumnya, viral video di media sosial seorang guru dirisak siswa lantaran mengingatkan supaya tidak merokok di dalam kelas. Diketahui peristiwa tersebut terjadi di SMP PGRI Wringinanom, Gresik Jawa Timur.

Siswa tersebut menjambak kerah baju sang guru honorer sampil mengepal-ngepalkan tangan hendak menantang duel. Aksi ini diduga terjadi pada Sabtu (09/02/2019).

Sudirman nyatakan perpanjangan kontrak Freeport bukan kemauannya
PAN izinkan Gubernur Riau dukung Jokowi asal tak masuk timses
PAN akan beri bantuan Ketum PA 212
Ketum PA 212 undang pimpinan parpol
IHSG kembali lewati level 6.500
Gerindra: Jokowi Pilgub DKI dibiayai keuntungan lahan Prabowo
BPN nilai Prabowo sudah detail
Slamet Ma'arif tegaskan akan bersikap kooperatif pada pemeriksaan selanjutnya
Jokowi dilaporkan ke Bawaslu, TKN : Gimmick politik saja
Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Fetching news ...