KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres

REPORTED BY: Insan Praditya

KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman akan mengevaluasi pelaksanaan pasca debat pilpres. Dia mengatakan sudah mempunyai catatan evaluasi dalam mencari sekaligus merevisi format, pilihan panelis dan moderator yang akan digunakan pada pelaksanaan debat selanjutnya.

"Beberapa catatan mungkin nanti akan menjadi tanggung jawab kita, kita akan evaluasi dalam dua tiga hari ini untuk nanti kemudian mencari format yang akan kita gunakan didebat kedua tiga empat dan seterusnya," ujarnya di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis malam (17/01/2019).

"Apakah pola ini masih sesuai untuk tema berikutnya atau nanti kira sesuaikan lagi. Termasuk pilihan panelis, moderator nanti kami cek lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, Arief mengatakan hal terpenting dalam pelaksanaan debat pilpres adalah pasangan capres-cawapres sudah menyampaikan visi-misi nya kepada masyarakat.

"Memang di minta menyebutkan langkah konkrit, tapi saya kira itu nggak apa-apa supaya publik tau, apasih visi misi dan programnya ?," Katanya.

Namun, ia mengharapkan kedepannya ada langkah konkret untuk menyampaikan program kerja kandidat jika terpilih menjadi presiden-wakil Presiden.

"Jadi bukan sekedar penyampaian visi misi, tapi visi misi dan program. Nah program ini kan harus lebih konkrit, tidak apa apa, tapi kan tidak personal bukan menyebut personal," tegasnya.

Kendati demikian, Arief menerangkan bahwa pelaksanaan debat pilpres berjalan dengan tertib dan baik. Menurutnya, ada interaksi antar kandidat dari segmen awal hingga akhir.

"Sejauh ini saya lihat debat berlamgsung baik, anda lihat sangat interaktif antara pasangan calon mulai segmen kedua sampai kelima, itu sangat sangat sangat luar biasa menurut saya," tutupnya.

Sudirman nyatakan perpanjangan kontrak Freeport bukan kemauannya
PAN izinkan Gubernur Riau dukung Jokowi asal tak masuk timses
PAN akan beri bantuan Ketum PA 212
Ketum PA 212 undang pimpinan parpol
IHSG kembali lewati level 6.500
Gerindra: Jokowi Pilgub DKI dibiayai keuntungan lahan Prabowo
BPN nilai Prabowo sudah detail
Slamet Ma'arif tegaskan akan bersikap kooperatif pada pemeriksaan selanjutnya
Jokowi dilaporkan ke Bawaslu, TKN : Gimmick politik saja
Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Fetching news ...