BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak meluruskan pernyataan Capres 02 Prabowo Subianto soal Provinsi Jawa Tengah yang lebih besar dari Negara Malaysia. 

Dahnil mengatakan Prabowo bukan membandingkan seperti timbangan, melainkan hanya perumpamaan hiperbolik yang biasa ia gunakan di beberapa kesempatan.

"Maksudnya Pak Prabowo adalah ingin membandingkan penduduk dan kapasitas, tidak membandingkan apple to apple, ini hiperbola saja, majas. Pak Prabowo suka menggunakan majas-majas. Saya pikir itu salah satu majas," terang Dahnil di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya, Prabowo menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia, sedangkan gajinya yang didapat terbilang kecil.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar," kata Prabowo dalam debat perdana pilpres 2019.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 32.544,12 km persegi.

Sementara itu, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang berada di Pulau Kalimantan. Luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

Mendengar pernyataan Prabowo semalam, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ada hal yang salah terkait luasan wilayah.

"Tanggapan pak Prabowo bagus, walau ada pernyataan yang kurang tepat mengenai perbandingan luasan Jateng dan Malaysia," terang Ganjar.

Sudirman nyatakan perpanjangan kontrak Freeport bukan kemauannya
PAN izinkan Gubernur Riau dukung Jokowi asal tak masuk timses
PAN akan beri bantuan Ketum PA 212
Ketum PA 212 undang pimpinan parpol
IHSG kembali lewati level 6.500
Gerindra: Jokowi Pilgub DKI dibiayai keuntungan lahan Prabowo
BPN nilai Prabowo sudah detail
Slamet Ma'arif tegaskan akan bersikap kooperatif pada pemeriksaan selanjutnya
Jokowi dilaporkan ke Bawaslu, TKN : Gimmick politik saja
Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Fetching news ...