Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate mengatakan keputusan pemerintah melakukan impor beras karena ketersediaan beras nasional atau stok beras berkurang. Ia mengatakan berkurangnya ketersediaan stok beras, karena sekitar 30 persen lahan pertanian terdegradasi.

"Karena memang proyeksi supply, ketersediaan beras nasional itu tidak sesuai angka-angka yang ada pada saat dilakukan, pengecekan stok, status stok ternyata stok kita kurang, apa penyebabnya? ada degradasi lahan, 30 persen lahan pertanian itu yang tidak diungkapkan selama puluhan tahun, pada saat pemerintahan Jokowi baru ditemukan ternyata lahan berkurang," kata Johnny saat ditemui wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (18/01/2019).

Johnny mengatakan ketika pemerintahan Jokowi menemukan berkurangnya lahan tersebut, produksi beras berkurang sementara permintaan tinggi sehingga pemerintah memutuskan untuk impor beras supaya stabilitas harga terjaga.

"Memang ketersediaannya kurang untuk menjaga stabilitas harga beras diimpor yang salah bukan keputusan nya yang salah dirkursusnya tidak berbasis data," ujarnya.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat bertanya ke Jokowi terkait adanya perbedaan data stok beras yang menyebabkan Pemerintah mengimpor beras.

"Di antara menteri-menteri Bapak itu berseberangan. Ada yang mengatakan persediaan beras cukup, tapi mau impor beras. Bagaimana pejabat yang bapak angkat, termasuk Dirut Bulog, Pak Buwas, mengatakan cukup, Mentan bilang cukup; tapi Mendag iZinkan impor pangan banyak. Ini membingungkan?" tanya Prabowo kepada Jokowi.

Jokowi menjawab perbedaan pendapat dikalangan menterinya terkait keputusan impor beras. Ia mengatakan keputusan itu sudah dicapai, maka harus dijalankan oleh para menterinya.

"Ada yang mau tidak impor, ada yang mau impor; tetapi kalau sudah diputuskan ya memang harus dijalankan. Nanti kalau sudah rampung debatnya baru saya putuskan, impor atau tidak itu baru kita putuskan," jawab Jokowi.

Sudirman nyatakan perpanjangan kontrak Freeport bukan kemauannya
PAN izinkan Gubernur Riau dukung Jokowi asal tak masuk timses
PAN akan beri bantuan Ketum PA 212
Ketum PA 212 undang pimpinan parpol
IHSG kembali lewati level 6.500
Gerindra: Jokowi Pilgub DKI dibiayai keuntungan lahan Prabowo
BPN nilai Prabowo sudah detail
Slamet Ma'arif tegaskan akan bersikap kooperatif pada pemeriksaan selanjutnya
Jokowi dilaporkan ke Bawaslu, TKN : Gimmick politik saja
Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Bamsoet: Milenial jadi target perang proxy narkoba
Fetching news ...